Dana Bantuan Pariwisata Cair, Sandiaga Uno Percepat Penyalurannya

Dana Bantuan Pariwisata Cair, Sandiaga Uno Percepat Penyalurannya

Pelatihan Pariwisata – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menerima bantuan dana pemulihan ekonomi (PEN) untuk sektor pariwisata sebesar Rp. 2,4 triliun. Sandiaga memastikan dana tersebut akan segera didistribusikan kepada para pelaku sektor parekraf yang terdampak Covid-19.

Sandiaga juga mengungkapkan, Presiden, menginstruksikan untuk mempercepat penyaluran dana bantuan ini dan tidak sampai terhenti oleh birokrasi. Ia  mengungkapkan, saat ini pihaknya berkoordinasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) untuk penyaluran dana tersebut.

Untuk tahap ini, terdapat beberapa program penyaluran antara lain Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Bangga Buatan Indonesia (BBI), sertifikasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, Environmental Sustainability), pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk subsector film, dukungan akomodasi hotel bagi tenaga kesehatan, serta Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pemerintah (BPUP). Sandiaga berharap, penyaluran dana bantuan pariwisata tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Dia juga mengatakan, saat ini dukungan akomodasi hotel terus berjalan, dan khusus untuk tenaga kesehatan, saat ini suratnya telah masuk ke KPC PEN.

Sandiaga menyebutkan, bantuan dana PEN untuk sektor pariwisata ini tahun lalu memang dijalankan dengan konsep dana hibah. Namun, atas masukan KCP PEN, dana tersebut diarahkan untuk diberikan kepada usaha-usaha, khususnya di sektor pariwisata agar tidak terjadi PHK kepada karyawan. “Atas masukan teman-teman di PEN, mengarahkan kita untuk memberikan bantuan ke usaha-usaha, agar tidak mem-PHK karyawan. Jadi, bukan hanya diberikan kepada sektor hotel dan restoran, melainkan harus ada penyelarasan dengan data yang didapat dari para kepala dinas, baik provinsi maupun kabupaten kota,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *