Indonesia Agresif Promosikan Pariwisata di Tiongkok

tionkokKementerian Pariwisata (Kemenpar) akan agresif memasarkan pariwisata Indonesia di Tiongkok mengingat potensi wisatawan asal negara tersebut sangat besar. Promosi pariwisata akan dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui media massa, travel mart, sales mission, kuliner, hingga promosi ke kampus-kampus di Tiongkok.“Kami gunakan media-media berpengaruh di Tiongkok, dari CCTV, CNS, Xinhua, Baidu, dan channel-channel lainnya. Semua platform digital yang punya pengaruh di sana kami promosikan Wonderful Indonesia,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (17/2).Menpar melanjutkan, pihaknya melakukan sales misson yang mengajak para pelaku industri pariwisata di Tanah Air untuk bertemu dengan buyers. Kemenpar juga menggelar festival atau pertunjukkan kesenian, kebudayaan, dan semua yang bernuansa kuat Wonderful Indonesia di banyak kota di Tiongkok. Targetnya adalah memperkenalkan nama Indonesia dengan berbagai destinasi menarik.

“Promosi ini digelar tidak hanya di kota besar seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou, tetapi juga di kota-kota lain seperti Kunming, Changsa, Chengdu, Xian, Wuhan, Ningbo, Shenzen, Hefei, Nanning, Hangzhou, Shenyang, Dalian, Xiamen, dan lainnya,” ungkap Menpar.

Awal April nanti, lanjut Menpar, pihaknya akan menggelar format promosi Wonderful Indonesia yang baru, agar lebih permanen dan familiar. “Kita akan buka Restoran Wonderful Indonesia di Hefei, Provinsi Anhui, yang berpenduduk 70 juta. Branding di restoran itu akan menempel terus, sehingga setiap orang yang melintas di lokasi itu, sudah langsung tertanam branding “Wonderful Indonesia,” jelas Menpar.

Menpar mengungkapkan, kuliner adalah produk budaya, dan banyak makanan khas Indonesia yang cocok di lidah orang-orang Tiongkok. “Beberapa mereka juga suka pedas dan gurih. Banyak masakan Indonesia yang bernuansa pedas dan gurih,” kata Menpar.

Jika ini sukses, lanjut dia, tahun 2016 ini akan dibuka 10 restoran Wonderful Indonesia yang lain di lokasi lain di Tiongkok. Restoran ini merupakan join investasi dengan investor lokal Tiongkok yang sudah berbisnis di restoran.

“Promosi Wonderful Indonesia tidak hanya melalui kuliner, tetapi juga masuk ke kampus-kampus di sana. Mahasiswa itu paling hobi bermain media sosial, dan ini adalah channel yang paling efektif untuk melepas promosi viral. Kami serius di promosi digital Wonderful Indonesia,” ungkap Menpar.

Menpar mengungkapkan, pihaknya juga mulai menyusun beberapa travel mart, antara lain Chengdu Travel Mart, Xian Silk Road Exhibition, Adex Beijing, Shanghai Fair, China Golf Travel Fair, Diving and Resort Travel Fair, dan lainnya. “Dari sinilah, Sales Mission, Festival dan Expo kami lakukan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>