Objek Wisata dan Belanja Solo Berbenah Jelang Akhir Tahun

spirit javaPelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata -Sejumlah lokasi wisata dan belanja di Solo berbenah menyambut wisatawan domestik dan mancanegara pada akhir tahun 2014 ini. Mereka menyiapkan sarana dan prasarana demi memanjakan pengunjung. Seperti terpantau Solopos.com, awal pekan ini, di Pura Mangkunegaran. Pengelola objek wisata budaya itu kedatangan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.“Pertengahan tahun itu akan sangat ramai dari Eropa. Wisatawan asing di Pura Mangkunegaran lumayan. Tetapi akhir tahun ya susut,” kata anggota staf Pariwisata Pura Mangkunegaran, Joko Pramudya, di ruang tunggu kantor Pariwisata Pura Mangkunegaran.

Data jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran selama Agustus-Oktober untuk wisatawan domestik maupun asing menurun. Namun Joko menjelaskan jumlah pengunjung setiap hari tidak dapat diprediksi. Dia mengaku menggandeng sejumlah biro perjalanan dan pariwisata dari Jogja untuk mendongkrak pengunjung. Harga tiket Pura Mangkunegaran Rp10.000 untuk turis domestik dan Rp18.000 atau sekitar US$1,5 untuk turis asing.

Bagian Promosi Pusat Grosir Solo (PGS), Stefanus Aji, mengungkapkan pengunjung PGS meningkat menjelang akhir tahun. Aji menuturkan kunjungan paling ramai pada November. Rata-rata pengunjung dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain-lain, seperti Probolinggo, Pati, Purworejo, dan lain-lain.

Oleh karena itu pihak PGS memastikan sarana dan prasarana serta fasilitas memadai. Seperti toilet, musala, parkir, eskalator, food court, dan lain-lain dalam kondisi siap dan layak pakai. “Rombongan ini ada peningkatan. Kami selalu memastikan fasilitas tidak terlewatkan supaya mereka enggak kecewa. Soal promo, pedagang PGS otomatis menyiapkan. Mereka selalu siap-siap pada momen tertentu. Kami mendukung melalui promosi di media massa dan sosial,” tutur Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>