Pulau Pahawang Layak Jadi Tujuan Wisata

Pelatihan Diklat Bimtek Pariwisata - PASAWARAN, Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan Pulau Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Kabpulau pahawanupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, layak dijadikan daerah tujuan wisata.”Pulau ini sudah memenuhi beberapa persyaratan sebagai obyek wisata, namun masih perlu perbaikan sarananya,” kata Widayanti Bandia, Tim Monitoring Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf di Pesawaran, Rabu (25/9/2013).

Menurut Widayanti, keindahaan alam baik pantai, bawah laut serta alam pegunungan di pulau itu sangat menunjang sebagai daerah tujuan wisata. “Konsep di pulau ini kalau saya nilai memiliki kesamaan dengan Kepulauan Derawan yang mengedepankan kawasan perumahan masyarakat serta keindahan alamnya,” ujarnya.

Apabila hal tersebut dapat terus dipertahankan, lanjut Widayanti, pasti ke depan masyarakat Lampung tidak perlu pergi ke Bunaken untuk melihat alam bawah laut karena di daerah itu masih tersimpan pesona wisata yang potensial.

“Sayang kunjungan hanya satu hari, andai lebih lama pasti ingin lebih jelas melihat terumbu karang dan ikan di dasar laut,” katanya.

Meski hanya melihat dari perahu motor, Widayanti meyakini pesona bawah laut di Pulau Pahawang tidak kalah dengan pusat wisata laut di Indonesia. “Saya yakin, Pahawang sangat layak untuk dijadikan salah satu daerah tujuan wisata sehingga dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Hanya saja, masyarakat setempat harus siap dan mulai berbenah agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke pulau itu. “Masyarakat harus lebih sadar wisata sehingga tidak kesulitan apabila sudah semakin banyak pengunjung yang datang ke Pahawang,” katanya.

Widayanti menyebutkan, dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan maka yang harus dipersiapkan adalah oleh-oleh khas daerah itu sehingga wisatawan dapat menunjukkan bukti bahwa Pahawang memang layak jadi pusat wisata.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam APBN Perubahan 2013 menganggarkan dana pendampingan guna mendukung pengembangan sarana wisata di seluruh Indonesia. “Salah satu daerah yang akan memperoleh adalah Pahawang. Jadi kami berharap ke depan dapat lebih memaksimalkan pengembangan daerah wisata ini,” ucapnya.

Kepala Desa Pulau Pahawang, Kamaludin menyebutkan, pihaknya masih rutin mengikuti kegiatan pelatihan pengembangan ekonomi kreatif. “Beberapa warga saat ini masih ada yang mengikuti pelatihan pembuatan hasil kerajinan tangan sebagai cendera mata,” katanya.

Kamaludin menjelaskan bahwa kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Pahawang sudah terbentuk sehingga diharapkan ke depan pengembangan sektor wisata dapat berjalan sesuai harapan bersama.
Sumber : Antara
Editor : I Made Asdhiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two × = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>