Selenggarakan Pelatihan Pelestarian Budaya Jawa dalam Rangka Keistimewaan DIY (Bahasa Jawa untuk Keterampilan MC, Sesorah dan Alih Aksara Jawa)

Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM dan kegiatan keistimewaan DIY. JTTC UGM menyelenggarakan pelatihan keterampilan MC, Sesorah dan Alih Aksara Jawa bagi Aparatur PNS di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah DIY. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di beberapa hotel di DIY dengan peserta total 240 orang dengan masing-masing per angkatannya 40 orang. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang bulan November 2013  dan melibatkan beberapa SKPD di pemerintah DIY dan Kabupaten/Kota. Selama 4 hari peserta di masing-masing angkatan peserta dilibatkan dalam berbagai kegiatan praktek dan teori yang secara praktis dapat diaplikasikan dalam kedinasan.

pelatihan bahasa dan budaya jawa

Tanggapan positif didapatkan dari peserta mengingat bahasa jawa selama ini menjadi ‘momok’ bagi aparatur manakala bergaul dengan masyarakat dan atasan. Padahal Dengan disahkannya Undang—Undang no 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY semakin mempertegas bahwa kebudayaan (Jawa khususnya) harus mampu dilestarikan. Pelestarian budaya tersebut tidak hanya oleh masyarakatnya tetapi juga oleh pelaku pemerintahan. Salah satu caranya adalah dengan penerapan budaya Jawa serta penggunaan bahasa Jawa dalam kegiatan sehari-hari dalam pelayanan pemerintahan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>