Disbudpar Bogor Bentuk Kelompok Penggerak Pariwisata

Pelatihan Pariwisata  | Jadwal Pelatihan Pariwisata 2015

Dinbantenas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota tersebut dengan membentuk Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) hingga kelurahan.”Kompepar ini akan dibentuk di setiap kecamatan yang ada di Kota Bogor,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasyidi di Bogor, Minggu (25/1/2015).Dia mengatakan, terdapat enam Kompepar di masing-masing kecamatan di Kota Bogor yang memiliki tugas menggali potensi pariwisata lokal yang belum optimal dikembangkan. “Tahun 2015 ini kita targetkan 30 Kompepar terbentuk di 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor,” katanya.Menurut Shahlan, pembentukan Kompepar sudah pernah dilakukan atas prakarsa mantan Lurah Cikaret Safrudin Bustomi yang bekerja sama dengan salah satu komunitas Masyarakat Cinta Bogor (MCB) 2013 lalu.

Namun, seiring berjalan waktu program Kelompok penggerak pariwisata tersebut jalan di tempat dan berhenti di tengah jalan tanpa menghasilkan upaya nyata meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Bogor. “Padahal program ini cukup baik dalam menggali potensi pariwisata lokal yang selama ini belum optimal,” katanya.

Shahlan menambahkan, pembentukan Kompepar juga sebagai salah satu upaya Disbudpar mengatasi penurunan kunjungan yang dihadapi industri perhotelan karena larangan rapat di hotel bagi PNS yang berdampak pada berkurangnya sumber PAD dari sektor jasa perhotelan.

Sebagai penggiat pariwisata Kota Bogor, Syahrudin Bustomo menyambut baik langkah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor untuk mengaktifkan kembali Kompepar di setiap kelurahan. Ia mengatakan, telah membentuk Kompepar sejak menjabat sebagai Lurah Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan. Langkah tersebut membuat kunjungan wisatawan ke Cikaret ramai terutama wisatawan mancanegara.

“Kompepar ini membantu kelurahan mengolah potensi pariwisata masing-masing dan mengundang wisatawan untuk datang,” katanya.

Syahrudin mengatakan, untuk menggerakkan Kompepar dirinya bekerja sama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang mengundang para wisatawan untuk berwisata ke Kelurahan Cikaret dengan menikmati wisata alamnya.

Dia optimistis kehadiran Kompepar di setiap kelurahan di Kota Bogor dapat mengangkat potensi ekonomi di wilayah melalui kegiatan pariwisata yang dikelola oleh masing-masing pejabat wilayah. “Kompepar dapat memberikan dampak luas terhadap perekonomian wilayah kelurahan,” tambah Syahrudin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.