Pelatihan Bimtek Penyusunan Analisis Pasar Wisata.

Pelatihan Bimtek Diklat Pariwisata:  Penyusunan Analisis Pasar Wisata.
Jumlah perjalanan wisata mancanegara (wisman) di Indonesia pada tahun 2005 sebanyak 5.002.101 orang yang menyumbang devisa sebesar US$ 4.7 Miliar. Sedangkan wisatawan nusantara pada tahun 2005 diperkirakan terjadi 206 juta perjalanan dengan menghasilkan pengeluaran sebesar Rp.86,6 Triliun.

Pariwisata internasional mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan tersebut salah satunya diakibatkan oleh kecenderungan global pariwisata dunia yaitu tingginya orang yang melakukan wisata di seluruh dunia yang  mencapai 763 juta orang  (WTO). Dari data tersebut dapat diketahui perkiraan jumlah wisatawan yang akan mengunjungi suatu Daerah Tujuan Wisata (DTW). Perkiraan tersebut dapat ditempuh melalui riset terhadap pasar wisata, sehingga dapat memperkirakan kekuatan produk dalam menyerap kunjungan wisata.

Bertolak dari hal tersebut di atas, maka telah disusun desain pelatihan selama 3 hari (12 sesi) yang menekankan materi pada teknik untuk melaksanakan riset terhadap pasar wisata. Diharapkan peserta nantinya mampu mengumpulkan, mensistimasi, manganalisis dan menyajikan data pemasaran wisata sesuai dengan kebutuhan.

Maksud:
Memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada peserta pelatihan agar mampu merencanakan dan melaksanakan analisis dan riset untuk pasar wisata. Selanjutnya peserta diharapkan mampu menyajikan hasil analisis berupa data sebagai acuan dalam pengembangan pariwisata di daerah.

Tujuan
Dari pelatihan  ini peserta diharapkan mampu:

  1. Memahamami konsep riset pasar.
  2. Mampu merencanakan desain riset yang akan dilaksanakan.
  3. Mampu menggunakan metode penelitian yang sesuai.
  4. Mampu memproses dan menyajikan data yang valid

Peserta:

Peserta berasal dari:

  1. Bagian Perencanaan Dinas  Pariwisata
  2. Bagian Pemasaran / Analisa Pasar Dinas  Pariwisata
  3. Badan Perencanaan dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA)

Durasi:
3 Hari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.