Pelatihan Komprehensif MICE JTTC

pelatihanpariwisata-Sebagai sebuah lembaga yang berkompeten dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Indonesia, Jogja Tourism Training Center (JTTC) berkerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) dalam memberikan Pelatihan Meeting, incentive, Convention and Exhibition (MICE) Venue Management bagi tenaga pengajar Universitas Terbuka Jakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan uji kompetensi baik dari pemahaman maupun keterampilan kepada peserta mengenai MICE. Pelatihan ini juga dijadikan sebagai portofolio peserta dalam uji kompetensi sertifikasi.

Terdapat 6 materi pelatihan yang disampaikan oleh praktisi MICE. Materi-materi tersebut diantaranya, memilih tempat dan lokasi kegiatan, menangani perizinan kegiatan dan menangani keramaian, memantau akses pintu masuk ke tempat acara, memperoleh dan mengelola peserta pameran, mengelola prasarana acara, dan merencanakan dan mengalokasikan lahan pameran. Keenam materi tersebut diberikan selama 2 hari, yaitu hari Selasa dan Rabu, 10 dan 11 Mei 2022.

Selama proses pelatihan, para peserta tidak hanya dijelaskan materi secara teoritis, namun juga praktik keterampilan. Hal ini ditujukan agar peserta mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai MICE. Sehingga peserta benar-benar berkompeten dalam penguasaan tersebut.

Penguasaan materi dan parktik, salah satunya bisa dilihat dalam pelatihan materi memperoleh dan mengelola peserta pameran. Setelah mendapatkan materi tentang hal tersebut, peserta praktik diminta untuk menyusun rencana bisnis sponsor, strategi mendapatkan sponsor, komposisi sponsor media, dan strategi promosi.

Kemudian dalam materi akses pintu masuk ke tempat acara. Peserta mendapat pelatihan mengenai cara memantau dan menjaga akses tempat acara. Dalam pelatihan ini diberikan juga cara mengenai memantau keramaian. Tak hanya itu, peserta juga diberi pelatihan untuk membuat layout pintu masuk, seperti gapura dan tempat acara.

Untuk informasi pelatihan dan pendampingan desa wisata dan daya tarik wisata dapat menghubungi Mira (08121501790)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.