Pelatihan Pariwisata: Menyusun Program-Program Kepariwisataan

Pelatihan Pariwisata. Mulai diberlakukannya AFTA dan Undang-Undang Republik Indonesia NO. 22 tahun 1996 yang salah satu butirnya menerangkan bahwa Otonomi Daerah adalah kewenangan Daerah Otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk mendukung perkembangan pariwisata yang berkelanjutan dibutuhkan peningkatan aspek produk, promosi serta sumber daya manusia yang saling mendukung. Dibutuhkan perencanaan program  jangka pendek dan jangka panjang yang sesuai dengan  pariwisata yang suistanable. Identifikasi kebutuhan merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai menyusun program pariwisata dan diakhiri dengan proses  terbentuknya program pariwisata yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan pariwisata.

Bertolak dari hal tersebut di atas, maka  telah disusun desain pelatihan selama 3 hari yang menekankan pengetahuan pada penyusunan  program-program kepariwisataan yang mampu mendorong pengembangan pariwisata di daerah.

Maksud:
Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan agar mampu merencanakan program-program kepariwisataan. Diharapkan peserta mampu mengembangkan program dengan mempertimbangkan terhadap masyarakat maupun pelaku pariwisata serta wisatawan.

Tujuan
Dari pelatihan  ini peserta diharapkan mampu:

  1. Menetapkan sasaran dan tujuan program kepariwisataan
  2. Menetapkan program dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk  masyarakat, pelaku pariwisata maupun  wisatawan
  3. Merencanakan program pengembangan sumber daya manusia
  4. Mengimplementasikan , memonitor serta mengevaluasi program kepariwisataan

Peserta:

Peserta pelatihan ini dapat berasal dari:

  1. Kepala Dinas Pariwisata Propinsi, Kabupaten atau Kota.
  2. Badan Perencanaan dan Pengembangan Daerah
  3. Kepala Badan Pariwisata Daerah
  4. Kabid Pengembangan Program Dinas Pariwisata

Durasi:
3 Hari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.