Pelatihan Peningkatan Mutu Manajemen SDM UMKM bersama Dinas Ketenagakerjaan dan UMKM Gunungkidul

JTTC – Manajemen keuangan merupakan masalah yang sering dijumpai dalam pengelolaan UMKM di Indonesia. Terlebih jika melihat kondisi saat ini tengah berada di kondisi pandemi yang mana sedikit banyak memberikan dampak bagi keberlangsungan operasional UMKM. Terdapat banyak UMKM yang tidak dibekali dengan ilmu manajemen keuangan seperti rencana permodalan dalam jangka pendek/panjang, pencatatan transaksi keuangan, mengontrol kas usaha dan lain sebagainya. Tanpa adanya pembekalan ilmu tersebut, seringkali kita temukan UMKM hanya bermodal nekat dan cenderung mengabaikan kemampuan dan pengetahuan manajerial keuangan yang dibutuhkan dalam berwirausaha.

Bagi pelaku-pelaku UMKM yang kurang atau tidak memiliki bekal manajemen keuangan yang ditempuh melalui Pendidikan formal, akan lebih banyak mengandalkan perkiraan logika yang dimiliki.

Diadakannya pelatihan mengenai pengelolaan manajemen keuangan tentu diperlukan, untuk memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai aliran kas masuk dan keluar uang kas setiap bulan. Sehingga operasional UMKM tersebut dapat berjalan lebih efektif serta efisien. Pelatihan-pelatihan manajemen keuangan tersebut berupa pencatatan penjurnalan, emposting buku besar, neraca, laporan laba rugi, laporan ekuitas serta laporan arus kas.

\"\"

Melihat persoalan tersebut, sebagai bentuk dari perhatian Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah,  dan Ketenagakerjaan bidang UMKM Gunungkidul bekerjasama dengan JTTC untuk mengadakan diklat manajemen keuangan bagi UMKM yang berada di Gunungkidul pada tanggal 06-07 April 2022. Peserta yang menghadiri diklat tersebut berjumlah 30 orang dari UMKM yang berbeda dengan konsentrasi penjualan terbanyak berasal dari olah jamu dan makanan ringan.

Diklat yang diadakan oleh JTTC dan Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Ketenagakerjaan bidang UMKM Gunungkidul memberikan materi kepada para pelaku UMKM diantaranya :

  • Dasar-dasar pembukuan bagi UMKM
  • Praktik  pembukuan bagi UMKM
  • Penyusunan laporan keuangan UMKM
  • Manajemen keuangan bagi UMKM
  • Implementasi manajemen keuangan dalam home industry

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh JTTC tersebut dilaksanakan di Omah Kayu, Wonosari tentu saja memberikan ilmu pemahaman yang baru bagi pelaku-pelaku UMKM mengenai manajemen keuangan usaha. Melalui trainer-trainer JTTC yang berkompeten di bidangnya, materi-materi tersebut dapat disalurkan dengan baik kepada para peserta.

Untuk informasi, pendaftaran dan kerjasama di bidang pelatihan dapat menghubungi Mira (081215017910)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.