Kemenparekraf Beri Beasiswa Pariwisata untuk Anak Sabang

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI tahun ini mengalokasikan beasiswa bidang pariwisata kepada sepuluh putra-putri Kota Sabang. “Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Kemenparekraf, beasiswa tersebut direalisasi pada tahun ajaran baru 2014 ini. Mereka akan disekolahkan pada Program D3 Akademi Pariwisata (Akpar) Medan, Sumatera Utara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati SSos kepada Serambinews.com, Minggu (2/3) siang di Banda Aceh. Menurut Zulfi, dia baru pulang dari Jakarta  membicarakan hal itu di Kemenparekraf. Program beasiswa untuk putra-putri Sabang ini malah sudah diperkuat dalam bentuk nota kesepahaman (MoU).

Penandatangan MoU tersebut sudah dilakukan antara Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam dengan Direktur Akpar Medan disaksikan oleh Kepala Badan PSDM Kemenparekraf di aula Kantor Budpar Aceh pada 25 Oktober 2013.

Saat ini, Pemko Sabang sedang menyeleksi puluhan anak SMK dan SMA di kota itu yang akan tamat tahun ini untuk dipilih sepuluh  di antaranya untuk kuliah di Akpar Medan atas pembiayaan beasiswa dari Kemenparekraf sampai mereka tamat Program Diploma 3 (D3).  “Mereka akan menjadi tenaga terdidik di bidang pariwisata untuk memajukan sektor pariwisata dan perhotelan di Sabang kelak,” katanya.

Zulfi menambahkan bahwa selama di Jakarta ia juga mewakili Pemko Sabang untuk menindaklanjuti  pendirian Akpar Aceh di Sabang. “Sudah kami bicarakan detail  dengan Kepala Badan PSDM Kemenparekraf. Ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Pemko Sabang  dengan Akpar Medan pada Oktober lalu di Kantor Budpar Aceh,” kata Zulfi.

Hal lain yang menjadi item kerja sama Pemko Sabang dengan Akpar Medan adalah mulai tahun ini dilaksanakan  pelatihan untuk PNS Budpar  dan karyawan hotel di Sabang.(*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.