Mau Buka Rental Mobil? Baca Dulu Tips Berikut!

Pelatihan Manajemen Bisnis Rental Mobil

bisnis-rental-mobilPertumbuhan wisatawan di Indonesia semakin bertambah. Baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal tersebut memacu bisnis di bidang pariwisata bermunculan. Seperti bisnis hotel, restoran, jasa pemandu wisata hingga rental mobil. Semuanya adalah komponen penting dalam pariwisata. Hampir setiap destinasi wisata di Indonesia pasti menyediakan jasa-jasa tersebut. Di antara banyak jasa yang bertebaran, bisnis rental mobil menjadi pilihan Anda. Pasalnya, di setiap destinasi wisata para turis pasti mencari jasa rental mobil sebagai pilihan untuk berkelana. Nah, mau tahu apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis ini. Baca ulasan berikut

1. Modal

Setiap usaha pasti membutuhkan modal. Demikian halnya dengan membuka bisnis rental mobil. Modal utama dalam bisnis ini ialah mobil. Sangat beruntung seandainya Anda sudah memiliki 1 atau 2 kendaraan. Sehingga tidak perlu membeli mobil baru. Namun, jika Anda belum mempunyai mobil bisa kerja sama dengan kerabat atau kenalan lain untuk menitipkan mobilnya di tempat Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli mobil baru, cukup berbagi komisi dengan rekan Anda tersebut. Cara lain ialah dengan membeli mobil secara kredit. Cari mobil baru dengan DP rendah dan cicilan terjangkau. Anda cukup menyediakan uang untuk DP nah cicilan per bulannya bisa dibayar melalui hasil sewa mobil. Cukup terjangkau bukan?

2. Asuransi Mobil

Untuk menghindari terjadinya kerusakan atau kehilangan mobil sewaan maka Anda wajib mendaftarkannya ke asuransi. Baik mobil sendiri maupun kerja sama dengan orang lain. Adanya asuransi juga membantu dalam manajemen administrasi yang jelas dan lengkap sehingga data diri penyewa tercatat jelas. Sehingga saat terjadi kehilangan atau hal buruk terjadi pada mobil Anda dapat dilakukan penelusuran.

3. Jenis Mobil

Dalam memilih kendaraan untuk jalan-jalan di suatu destinasi wisata, konsumen lebih mengidolakan mobil berkapasitas banyak. Anda bisa memilih Avanza atau Xenia sebagai mobil rental. Selain kapasitasnya banyak, bahan bakarnya juga irit. Tetapi, ada baiknya Anda juga menyediakan jenis mobil lain supaya lebih bervariasi. Sebelum membeli mobil pertimbangkan juga jenis suku cadang yang murah dan biaya perawatan yang rendah. Hal tersebut dapat menghemat biaya operasional Anda.

4. Bengkel

Perawatan mobil rental tentu menjadi perhatian khusus. Meskipun mobil lebih sering digunakan untuk disewa bukan berarti minim perhatian. Sebulan sekali bawa mobil rental Anda ke bengkel. Bangun kerja sama dengan bengkel atau montir langganan untuk memperbaiki maupun merawat mobil Anda. Siapa tahu bisa memperoleh promosi.

5. Biaya Sewa

Fokus lain yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis rental mobil adalah biaya sewa. Biasanya biaya sewa ini beragam tergantung lama pemakaian mobil. Ada yang menyewakan seharian tapi ada juga yang setengah hari. Pun demikian, beberapa rental mobil menawarkan sewa mobil selama 6 sampai 8 jam. Biaya sewa mobil ada yang sudah termasuk dengan sopir dan bahan bakar tapi ada juga yang belum. Anda wajib mencantumkan dan menjelaskan juga kepada konsumen dalam surat tertulis mengenai biaya sewa ini. Misalnya, ada denda yang dikenakan apabila konsumen menggunakan mobil sewaan melebihi batas waktu yang disepakati atau konsumen merusak kondisi mobil (kecelakaan).

6. Sopir

Bagi wisatawan mancanegara yang belum mengenal medan pasti membutuhkan jasa sopir untuk pelesir dari satu tempat ke tempat lain. Anda harus menyediakan jasa sopir yang berkualitas. Dalam hal ini carilah sopir yang sudah memiliki surat izin mengemudi dan berpengalaman. Penting untuk diperhatikan bahwa sopir Anda tidak ugal-ugalan ketika mengendarai mobil serta memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin kendaraan.

7. Konsumen

Jangan hanya terpaku pada konsumen dari kalangan wisatawan saja. Cari juga konsumen yang berasal dari instansi pemerintahan dan korporat. Biasanya mereka akan membutuhkan jasa rental mobil saat harus melakukan perjalanan dinas atau menghadiri acara perusahaan. Perusahaan atau instansi biasanya menyewa kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu, Anda jadi memiliki pelanggan tetap.

8. Promosi

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan ialah promosi. Bila semua persiapan Anda dalam membuka bisnis rental mobil sudah mantap segera lakukan promosi. Tentukan dulu siapa target market Anda. Jika target Anda adalah kalangan anak-anak muda dan keluarga maka promosi yang tepat adalah melalui media sosial. Untuk kalangan instansi dan perusahaan, Anda bisa berpromosi lewat forum, atau brosur yang disebar di tempat wisata.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.