Pelatihan Pengelolaan Homestay

pelatihan-homestay

pelatihan pariwisata – Homestay sebagai salah satu bentuk akomodasi pariwisata yang berperan cukup penting dalam upaya pengembangan pariwisata di desa wisata. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat yang ada di sekitarnya. Merespon hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo memberikan perhatian khusus untuk mendorong pengusaha homestay/pondok wisata untuk mengembangkan potensinya agar menjadi amenitas yang mendukung dalam kegiatan pariwisata. Menurut Kepmenparekraf No 9 Tahun 2014 mendefinisikan homestay sebagai usaha bidang akomodasi. Homestay/pondok wisata adalah rumah tinggal milik pribadi yang sebagian disewakan sebagai tempat penginapan bagi wisatawan dengan pembayaran harian, pemilik dan wisatawan tinggal bersama.

Pengelolaan homestay ini diperlukan untuk memenuhi serta meningkatkan lama tinggal wisatawan atau length of stay (LoS), juga meningkatkan kepuasan wisatawan dalam menikmati daya tarik wisata di desa wisata. Namun, permasalahannya saat ini yaitu banyak dari pengelola homestay/pondok wisata belum memahami pengelolaan homestay secara baik dan benar. Misalnya dalam hal promosi, manajerial maupun pemeliharaan serta perawatan homestay. Hal-hal itu, masih banyak diabaikan oleh para pengelola homestay/pondok wisata. Bahkan, di beberapa Kawasan wisata belum ada fasilitas homestay/pondok wisata. Padahal, homestay/pondok wisata saat ini menjadi salah satu amenitas yang penting dalam mendukung pariwisata nasional. Hal itu tentu harus diperhatikan apabila homestay/pondok wisata ingin berkembang.

Melihat hal tersebut, penting untuk dilakukan pelatihan pengelolaan Homestay.  Sebab dengan mengikuti pelatihan pengelolaan Homestay, dapat memberikan gambaran pengelolaan yang baik dan tepat sesuai. Selain itu pelatihan pengelolaan Homestay juga tetap didasari dengan keunikan tersendiri dibandingkan dengan hotel atau penginapan   konvensional. Melalui pelatihan pengelolaan homestay/pondok wisata menjadi salah satu bentuk usaha mengelola pariwisata yang diharapkan akan mendatangkan keuntungan secara finansial kepada pemiliknya dan usaha yang ada disekitarnya sehingga harus tetap dijalankan secara  profesional  sesuai  dengan standar pelayanan pariwisata terlebih dalam mengedepankan prinsip CHSE.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan Pengelolaan Homestay atau BimTek Pariwisata dan Pengelolaan Homestay dapat menghubungi Admin kami di 081215017910

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.