Pendapatan Pariwisata Taiwan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Pelatiihan Pariwisata | Diklat Pariwisata-Pemerintah Taiwan sedang  meningkatkan investasinya di sektor pariwisata setelah pendapatan pariwisata negaranya memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa dengan jumlah 12.32 miliar dolar AS pada tahun lalu. Menurut pemerintah, peningkatan ini berlangsung akibat dorongan dari hubungan negara Tiongkok dan Taiwan yang semakin membaik sehingga meningkatkan jumlah pengunjung asal Tiongkok.Biro pariwisata Taiwan mencatat jumlah tertinggi pengunjung Tiongkok mencapai 2.87 juta pada tahun kemarin, mengalami kenaikan 11 persen dari tahun 2012 dan menghasilkan pemasukan sekitar 5.53 juta dolar AS. Jumlah wisatawan asal Tiongkok sudah meningkat sejak tahun 2008 ketika pemerintah Taiwan mencabut peraturan yang melarang turis Tiongkok untuk berkunjung ke dalam negeri sebagai salah satu langkah untuk memulihkan hubungan diantara kedua belah pihak.

Hubungan negara Tiongkok dengan Taiwan telah jauh membaik terlihat dari jumlah angka turis negara tirai bambu yang berkunjung telah mengalahkan jumlah turis dari negara Jepang, yang selama beberapa tahun belakangan ini menjadi negara pendapatan pariwisata bagi Taiwan.

Selain itu, jumlah turis Jepang ke Taiwan merosot menjadi 1,42 juta tahun lalu, berkontribusi pada sekitar 1.82 juta dolar AS terhadap perekonomian negara seperti yang dilansir sebelumnya oleh Japan Today.

Walaupun hubungan lintas selat sudah mulai membaik, namun Beijing masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan menunggu untuk reunifikasi, jika perlu dengan menggunakan kekuatan. Kedua negara telah dipisahkan sejak akhir perang sipil pada tahun 1949.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.