Penumpang Jogja Heritage Track Mencapai 1500  Orang sebagai Wujud Antusiasme Masyarakat Yogyakarta

pelatihanpariwisata-Uji coba Jogja Heritage Track (JHT) Bus yang diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan DIY melalui  Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Filosofis (BPKSF) berhasil menyita perhatian masyarakat Yogyakarta. Hal tersebut terbukti dari dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan lamanya, jumlah penumpang JHT Bus mencapai 1.500 orang.

Dalam rangka mengapresiasi antusiasme masyarakat, Dinas Kebudayaan DIY memberikan buket bunga kepada penumpang ke 1.500 sebagai bentuk simbolis yang dilaksanakan di Museum Sonobudoyo pada hari Selasa, 14 Juni 2022.

Penumpang bus JHT yang beruntung pada kesempatan kali ini di 1.500 penumpang yaitu berasal dari Kelurahan Gondomanan dan Kelurahan Ngupasan. Pemberian simbolis tersebut diwakilkan oleh Abdi Mantri pada tiap kelurahan.

Dian Lakshmi Pratiwi, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, mengatakan bahwa Bus JHT  sudah ditunggu-tunggu tidak hanya oleh masyarakat Yogyakarta tetapi juga masyarakat non-Yogyakarta sejak diluncurkan untuk uji coba track yang dimulai sejak bulan Maret 2022.

Hal ini terlihat dari banyaknya permintaan antrean untuk mengikuti Uji Coba Bus JHT di akun  media sosial resmi BPKSF @sumbufilosofi (Instagram). Ibu Dian Lakshmi juga mengatakan bahwa adanya Sumbu Filsofi di Yogyakarta ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, sekalipun masyarakat Jogja. Sehingga dengan kemunculan Bus JHT ini harapannya dapat mengedukasi kepada masyarakat luas tentang Sumbu Filosofi. Terlebih direncanakan sumbu filosofi yang ada di Yogyakarta ini nantinya akan diajukan sebagai warisan dunia. “Bus JHT dari awal peluncuran hingga saat ini sudah banyak mengedukasi masyarakat yaitu dengan berkeliling kawasan Sumbu Filosofi menggunakan bus JHT yang didalamnya terdapat para pemandu yang mendampingi serta memberikan edukasi kepada semua penumpang bus JHT,” urainya. Mra/Abr

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.