Pijat Oksitosin Bisa Lancarkan Produksi ASI

Jadwal Pelatihan SPA 2015 – Advertorial

asi ekslusifKelancaran produksi air susu ibu (ASI) sangat dipengaruhi oleh hormon oksitosin atau sering disebut “hormon kasih sayang”. Tanpa hormon tersebut, bayi akan kesulitan menyusu, karena ASI menjadi tidak lancar.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan hormon oksitosin adalah dengan pijat oksitosin. Namun pijatan ini harus dilakukan oleh suami. Keduanya dinilai bisa membangkitkan hormon kasih sayang tersebut.”Pijat oksitosin dilakukan oleh suami, berupa back massage pada punggung ibu menyusui, untuk meningkatkan pengeluaran hormon oksitosin. Dengan pijatan ini, ibu menyusui akan merasa lebih rileks dan disayangi,” kata Jeane-Roos Tikoalu, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta, Selasa (21/4).

Namun Jeane mengingatkan kalau pijatan oksitosin hanya dilakukan setelah dalam masa menyusui. Bila dilakukan saat masih dalam kondisi mengandung, tekanan-tekanan dalam pijat oksitosin dapat memicu terjadinya kontraksi.

“Pijat oksitosin juga harus dilakukan dengan penuh kasih sayang. Dengan begitu, produksi ASI-nya akan lancar. Tapi sebaiknya konsultasikan dulu kepada konselor ASI mengenai gerakan pijat oksitosin ini, supaya hasilnya maksimal,” tambah Jeane.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.