Sapta: Pariwisata Tak Ada Habisnya…

Pelatihan DIklat Bimtek Pariwisata – Selalu ada sisi lain yang dapat digali dari pariwisata. Pariwisata yang telah berkembang akan mendatangkan banyak manfaat seperti membuka lapangan pekerjaan. Bahkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, pariwisata adalah hal yang tak akan pernah habis. “Salah satu yang bisa kita kembangkan, yang kita ketahui yang tidak pernah habis dan selalu tambah baik serta harus kita buktikan di dunia adalah pariwisata,” ujar Sapta saat sambutan pembukaan Festival Krakatar di Lampung, Sabtu (19/10/2013).

Geliat pariwisata dilihat mengarah semakin positif. Sapta memaparkan pada tahun 2012, sektor pariwisata menjadi penyumbang nomor lima devisa nasional. “Di tingkat nasional pariwisata baru nomor lima penyumbang devisa tahun lalu. Kita menyumbang Rp 90 triliun devisa negara,” kata Sapta.

Menurut Sapta, pariwisata menempati urutan di bawah sektor pertambangan seperti minyak gas bumi dan batu bara. “Tapi yang ketiga (minyak, gas, dan batu bara) suatu saat bisa habis sedangkan pariwisata akan terus menjadi bagian yang sangat penting mudah-mudahan nanti makin besar sumbangannya,” ungkap Sapta.

Sapta menegaskan bahwa pada saat ini pariwisata telah menjadi gaya hidup. “Pariwisata sekarang sudah bukan lagi merupakan basic need atau kebutuhan tapi pariwisata sudah menjadi gaya hidup,” katanya. (sumber kompas.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.