Solsel Bangun Iklim Pariwisata Melalui Pelatihan Pokdarwis

Solsel Bangun Iklim Pariwisata Melalui Pelatihan Pokdarwis

 

Pelatihan Pariwisata РDinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Solok Selatan (Solsel) berupaya membangun iklim pariwisata melalui pelatihan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku ekonomi kreatif.

Pembekalan itu diberikan mengenai Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar. Salah satu poin supaya berkembangnya kepariwisataan tidak terlepas dari peran serta sumberdaya manusia pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh 50 orang peserta di Muara Labuh selama dua hari sejak Selasa sampai Rabu (10/3/2021).

Asisten I Sekdakab Solsel, Fidel Efendi mengharapkan Pokdarwis dan pelaku usaha kreatif di setiap destinasi wisata Solsel berperan dalam menggenjot kunjungan wisata.

“Melalui peran aktif dari anggota Pokdarwis dan pelaku usaha kreatif, kunjungan wisata di Solsel ini akan lebih merasakan kepuasan,” katanya.

Menurutnya, pelayanan dan kenyamanan merupakan hal penting terhadap pengunjung atau wisatawan.

“Jika hal ini tidak diperhatikan maka kunjungan wisatawan tidak bakal berlanjut, kita juga harus menyediakan berbagai informasi potensi wisata,” ujarnya.

Kepala Disparbud Solsel, Harri Trisna mengatakan bahwa peserta yang berasal dari Pokdarwis dan pelaku ekonomi kreatif di sekitar destinasi wisata Solsel perlu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

“Baik untuk menjadikan wisatawan lebih menikmati kunjungannya, maupun untuk mewujudkan kepuasan wisatawan dengan berbagai oleh-oleh atau menu sajian makanan dan minuman yang mereka inginkan,” tuturnya.

Senada, Kabid Ekraf Disparbud Solsel, Martin Edi menambahkan, kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan nara sumber Joni Mardianto dari GIPI Sumbar.

“Selain itu ada juga dua orang narasumber pemerhati wisata dari Solsel yaitu, Bujang Joan Datuak Panyalai dan Attila Majadi Dt. Sibungsu,” tutupnya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.