Tempat Wisata Terpendam di Sudut Kerawang

kerawangIndonesia merupakan negara yang sangat kaya dalam banyak hal. Apalagi untuk tempat berwisata, tidak akan cukup waktu satu hari untuk membahasnya. Banyak tempat indah yang membuat pelancong bingung untuk menentukan pilihan, ketika waktu liburan cukup sempit. Tapi bagi wisatawan yang tinggal di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya, Kabupaten Kerawang bisa menjadi pilihan terdekat. Karawang memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa kunjungi, yang terlewatkan dari perhatian.  Mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah.Ada beberapa pilihan seperti Telaga Desa yang berada di kawasa industri internasional Kerawang. Lokasi yang lebih dari 22 hektar memberikan wawasan wisata ekowisata, edukasi geratis bagi pengunjungnya. Kita bisa mendapatkan ilmu bagaimana agar peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, ada juga belajar bercocok tanam dengan ragam tanaman seperti bunga kol, sayuran dan berternak ikan seperti lele.

Tak sedikit warga yang ingin datang, hanya dengan mendaftar pengelola yang didukung oleh puluhan perusahaan besar bergerak diberbagai bidang tersebut bisa langung menyetujui, sesuai dengan jadwal kosong agar tidak bentrok dengan wisatawan lain yang sama – sama ingin berwisata sambil belajar. Wisata tersebut sudah ada sejak 2008 silam. Hanya, masih kurang promosi, sehingga wisatawan didominasi mahasiswa yang ingin belajar, anak anak taman kanak kanak dan siswa sekolah lainnya di seputar Kerawang.

”Kami masih terus memperbaiki baik dari segi kemasan dan promosi. Kami merasa memang promosi masih sangat minin,’’ aku Okih Hermawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Kerawang baru baru ini. Dia juga mengatakan, banyak objek yang perlu ditingkatkan dan dipromosikan untuk kemajuan sektor pariwisata di kabupaten yang bisa di jangkau 2- 3 jam dari Jakarta itu. Seperti pembangunan hotel, sentra kreatif, sampai peningkatan pengetahuan sumberdaya manusianya.

Selain Ekowisata Telaga Desa, Kerawang juga memiliki Pantai  Tanjung Baru yang berada di di utara Kota Karawang ini memiliki pemandangan yang indah. Di Pantai Tanjung Baru, para pelancong bisa berenang dan juga menyewa perahu tradisional yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Baru ini pun terbilang cukup lengkap, mulai dari penginapan sampai pasar tradisional semua ada. Ada juga Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Karawang adalah Curug Cigeuntis, dimana di curug ini anda bisa menemukan panorama alam yang indah. Berada di kaki Gunung Sanggabuana, rute perjalanan ke Curug Cigeuntis ini cukup menarik.

Di perjalanan anda bisa melihat aliran air sungai, dan setelah sampai anda bisa berwisata sambil menikmati wahana air yang telah disediakan oleh Pemerintah Karawang. Selain menyajikan berbagai wisata alam, Kerawang juga memiliki wisata budaya dan sejarah seperti situs peninggalan nenek moyang yang dibangun pada abad IV dan V Masehi. Seperti Candi Jiwa, dan beberapa situs yang berada di Kecamatan Batujaya, terdapat sebuah situs yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi, yaitu Situs Batujaya.

”Untuk Candi Jiwa ini sudah banyak dimanfaatkan bagi para umat Hindu untuk merayakan hari besar. Pemerintah juga sudah membangun museum agar peninggalan leluhur bisa tetap terjaga dan wisatawan bisa melihat peninggalan  tersebut terawat dengan baik,’’ ujar Okih, begitu kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Kerawang tersebut akrab disapa.

Dengan semangat pembangunan sektor wisata, pelancong tidak perlu khawatir untuk akomodasinya. Seiring peningkatan akses menuju Kerawang, dengan cepat juga investasi bidang perhotelan masuk ke kawasan yang terkenal dengan lokasi industri tersebut. Setidaknya, sekarang sudah lebih dari lima hotel berbintang, dan puluhann hotel – hotel dan home stay  yang akan menampung wisatawan, dan 12 hotel diantaranya masih dalam tahap pembangunan.

”Dari 200 ribu kilo meter wilayah Karawang, 90 persen diantaranya kawasan pertanian. Kami juga ingin tetap menjaga Kabapten kami sebagai lumbung padi. Hanya untuk kawasan wisata, banyak permintaan untuk perluasan wilayah. Karena di Kerawang jenis wisata terus berkembang, mulai dari kawasan industri sampai kawasan hunian abadi (Sun Diego Hill, kuburan mewah di Kerawang,’’  tutup pria berkumis itu. (nel)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.