Wakil Bupati Janji Beri Kemudahan Urus Perizinan Usaha Pariwisata

Pelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata | Pelatihan TDUP-Wakil Bupati (Wabup) Sanggau, Yohanes Ontot berjanji akan mempermudah setiap perizinan usaha pariwisata yang diajukan oleh para pengusaha, terutama izin kelola losmen. Ontot menegaskan, dirinya segera menindaklanjuti keluhan pengusaha jika selama proses perizinan dipersulit oleh pegawai. Karena itu, ia berharap para pengusaha berani melapor. “Kalau memang berbelit-belit bisa mengadu langsung ke kepala dinas atau ke bupati,” tegasnya, usai membuka acara sosialisasi peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang cara pendaftaran usaha pariwisata se-Kabupaten Sanggau, di Hotel Meldy, Kamis (22/5/2014).

Ontot mengakui adanya indikasi banyak penginapan dan losmen yang berdiri serta sudah beroperasi namun belum mengantongi izin. Ia berharap melalui sosialisasi tersebut para pengusaha bisa segera mengurus izin.

“Mungkin karena indikasi itu (tidak ada izin), maka perlu sosialisasi ini. Pasti ada losmen yang tak mengantongi izin. Karena ambisi mau cepat jadi, izinnya belakangan,” ujarnya.

Ontot memberikan toleransi jika perizinan tidak dikantongi oleh kalangan pengusaha losmen atau penginapan. Namun, ia tak akan mentolerir jika izin tak dikantongi pengusaha hotel. Karena, ditegaskan izin hotel itu tersendiri tak menyatu dengan izin mendirikan bangunan (IMB).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.