Wisata Lokal, Aplikasi Anyar untuk Pandu Turis

Pelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata

victoria fallSebuah aplikasi baru yang menunjukkan berbagai lokasi wisata di Indonesia meluncur gratis menjelang akhir 2014. Informasi tempat wisata yang sudah termuat dalam aplikasi bernama WisataLokal tersebut berjumlah 1.500-an lokasi. “Targetnya sampai 12 ribu tempat wisata,” kata Mico Wendy, ketua tim pembuat aplikasi tersebut, Jumat, 12 Desember 2014.Aplikasi gratis itu bisa diunduh untuk perangkat telekomunikasi bergerak bersistem operasi Android dan Windows sejak Selasa lalu. Pembuatannya memakan waktu selama tiga bulan untuk memenuhi keingintahuan orang soal lokasi wisata di Indonesia. “Juga, supaya pariwisata lokal terangkat, pengguna bisa menambahkan lokasi wisata yang belum ada di daftar pencarian,” ujar lulusan Teknik Sipil dan Magister Manajemen ITB itu.
Fitur aplikasi tersebut yaitu Point of Interest, lokasi wisata yang dibagi menjadi kota atau kabupaten, provinsi, taman nasional, dan pulau. Kemudian ada fitur untuk foto, peta, artikel, peringkat dan tinjauan tempat, serta bisa dibagikan ke media sosial. Pengguna aplikasi, kata Mico, diharapkan ikut serta berbagi informasi, tinjauan, dan foto lokasi wisata. “Supaya pengguna lain akan juga terbantu dengan informasi terbaru,” katanya.

Untuk pemuatan isi lokasi wisata, sementara ini dikumpulkan tim dari berbagai sumber, seperti buku, Internet, dan cerita kawan. “Fitur selanjutnya akan dilengkapi dengan budaya, seperti tari dan rumah adat,” ujarnya. Beberapa aplikasi sejenis sebelumnya memuat lokasi wisata per daerah atau kota. Menurut Mico, timnya masih terus menyempurnakan sistem agar pengguna bisa mengaksesnya secara cepat saat pemuatan data.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.