Wonderful Indonesia Tampil Kembali Pada Tournament of Roses Pasadena 2014

tournament of rosesDalam rangka promosi pariwisata ke luar negeri, Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali berpartisipasi dalam event tahunan Tournament of Roses (ToR) 2014 yang berlangsung di Pasadena, Amerika Serikat pada 1  Januari 2014. Penyelenggaraan ToR  2014 merupakan yang ke-125 kali (dimulai tahun 1890) dengan mengangkat tema ‘Dream Come True’.  Kendaraan hias (float)  Indonesia dalam festival parade bunga internasional terbesar dunia (ToR) 2014 kali ini mengangkat tema ‘Wonderful Indonesia Paradise on Earth’, dengan menampilkan  desain Komodo sebagai main float  serta didukung destinasi Derawan, Kalimantan Timur sebagai satellite float beserta penampilan penari Kaltim.

Float Indonesia berukuran  panjang 18,3 meter dan lebar 6,7 meter, menempati parade urutan ke-59 dari 90 peserta. ToR diikuti oleh berbagai instansi yang berasal dari seluruh Negara bagian di Amerika Serikat dan beberapa Negara di dunia, event ini menarik perhatian para penonton yang menyaksikan langsung jalannya parade bunga tersebut dan melalui siaran televisi.

Float Indonesia melalui penampilan dengan tema ‘Wonderful Indonesia Paradise on Earth’, pada ToR 2014  meraih penghargaan “Director’s Trophy”  sebagai float dengan Outstanding Artistic Merit in Design and Floral Presentation. Pada tahun 2012 dan 2013 secara berturut-turut float Indonesia meraih President’s Trophy, yaitu penghargaan tertinggi bagi peserta non komersial untuk kategori peserta dengan penggunaan bunga yang paling efektif dengan presentasi yang baik.

Delegasi Indonesia dalam ToR 2014 dipimpin Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuty. Program kegiatan delegasi Indonesia dalam ToR 2014 melakukan serangkaian acara seperti decoration week dan news media briefing,  fiesta VIP reception, public and VIP viewing,  Indonesia gala dinner, judging of float, hingga post parade menampilkan acara cultural performance.

Esthy Reko Astuty mengatakan, partisipasi Indonesia dalam event ToR 2014 sangat penting untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kawasan Amerikat Serikat (AS). “Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 313,8 juta merupakan pasar potensial dan sangat  strategis dilakukan promosi pariwisata, karena kontribusinya terhadap kunjungan wisman ke tanah air cukup besar, dan dari tahun ke tahun meningkat” kata Esthy.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Amerika Serikat (AS) ke Indonesia pada Januari hingga November 2013 sebanyak 201.900 wisman, sedangkan  tahun 2012 sebanyak  207.010 wisman,  dan tahun 2011 sebanyak  203.205 wisman. Hasil survery PES (Pasangger Exit Survey) 2011 terhadap wisman AS menunjukkan rata-rata lama tinggal  10,98 hari serta rata-rata pengeluaran US$ 1.553,22/orang  per kunjungan, sehingga penerimaan devisa pariwisata dari wisman AS tahun 2011 sebesar US$ 317. 28 juta.

Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata dengan dilakukan promosi secara berkala setiap tahun akan memberikan informasi kepada wisman tentang perkembangan kepariwisataan Indonesia. Terlebih partisipasi Indonesia dalam event ToR 2014  Pasadena merupakan kali ketiga setelah 16 tahun sempat absen. Sejak tahun 1990 hingga 1995 Indonesia berturut-turut tampil di ToR Pasadena dengan memperoleh penghargaan International Trophy (1990, 1993, dan 1994), Isabella Colemen Trophy (1991), dan Grand Marsal Trophy (1992 dan 1995). Sementara pada 2012 Indonesia tampil lebih besar dengan dua float Garuda Wisnu Kencana (main float) dan  Putri Bunga Kota Pagar Alam  Sumatara Selatan (satellite float) dan  tahun 2013 tampil dengan main float Wayang Golek (Arjuna, Krisna dan Gatot Kaca) dan stupa serta perangkat gamelan dari Jawa Tengah sebagai satellite float.

Even Tournament of Roses di Pasedena ini sangat ditunggu oleh masyarakat Amerika Serikat khususnya dan masyarakat dunia. Gelaran parade ini disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi internasional ke seluruh kawasan AS dan seluruh belahan dunia dengan potensi penonton sebanyak 450 juta, termasuk 38 juta masyarakat AS yang menyaksikan siaran langsung dari televisi serta 1 juta penonton yang menyaksikan langsung pada hari pelaksanaan parade.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut menyiapkan dan mensukseskan keikutsertaan Indonesia pada Tournament of Roses Tahun 2014, sehingga penampilan  Indonesia meraih penghargaan Director’s Trophy  sebagai float dengan Outstanding Artistic Merit in Design and Floral Presentation. (Puskompublik)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.