Wow! Korsel Asuransikan Wisatawan Asing Rp 1 Miliar

gedung promosi koreaUntuk mengantisipasi penurunan angka wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan (Kosel), pemerintah setempat memberikan asuransi bagi para wisatawan asing. Program tersebut dilakukan menyusul serangan virus mematikan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di negara itu. Pemerintah, melalui Kementerian Budaya, Olahraga, dan Wisata Korea berekerja sama dengan Asosiasi Agen Perjalanan Korea mengantisipasi kekhawatiran terhadap keamanan pariwisata Korea, dengan menyediakan asuransi selama tiga bulan kedepan.Direktur Korea Tourism Organization, Hyonjae Oh  mengatakan program pemberian asuransi ini dijalankan mulai dari 22 Juni sampai 21 September 2015.Tak ada syarat khusus untuk mengurus asuransi ini. Asuransi berlaku otomatis ketika wisatawan asing tiba di Korea.

“Ciri khusus asuransi ini adalah wisatawan asing tidak perlu melakukan langkah khusus dan langsung terdaftar ke dalam program asuransi secara otomatis ketika masuk ke Korea,” kata Hyonjae Oh, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, kalau wisatawan asing positif terkena MERS dalam dua puluh hari setelah kedatangan ke Korea, wisatawan tersebut berhak mendapat kompensasi pengobatan sebesar 5 juta won, atau sekitar Rp 59,7 juta. Ini mencakup biaya pengobatan, biaya perjalanan, dan kompensasi.

Sementara kalau wisatawan asing meninggal dalam 20 hari setelah dinyatakan positif MERS, mereka akan mendapat kompensasi sebesar 100 juta won atau sekitar Rp 1,19 miliar.

Pengecualian berlaku pada program asuransi ini, kepada pemilik visa dengan waktu tinggal jangka panjang dan lama, penduduk tetap, serta kru penerbangan dan pelayaran.
(CNN/Washington Post/ril)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.