Ada 8.588 Pekerja Bidang Pariwisata di Gianyar

makssarPelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata-Di Kabupaten Gianyar, Bali hingga kini tercatat 8.588 pekerja yang bergerak dalam bidang pariwisata, 1.116 orang di antaranya atau 13 persen telah memiliki sertifikasi. “Sisanya diharapkan segera bisa bersertifikasi agar mampu bersaing di era global,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gianyar, Gede Widarma Suharta, Rabu (10/9/2014). Pada rapat pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi profesi tenaga kerja pariwisata, Ia mengatakan, dalam waktu dekat 50 persen pekerja bidang pariwisata itu telah bersertifikasi. Untuk itu dalam jangka pendek tahun 2015 mengutamakan pekerja hotel berbintang di daerah “gudang seni” Kabupaten Gianyar.”Tahun depan diharapkan mampu menjangkau 502 pekerja dari 18 hotel berbintang yang ada di daerah itu,” ujar Gede Widarma Suharta.

Ia menjelaskan, untuk itu segala perangkat regulasi yang diperlukan seperti Memorandum Of Understanding (MoU) dan draft Perjanjian Kerja Sama (PKS) sudah ditandatangani sebelum akhir 2014.

Hal itu dilakukan karena sertifikasi profesi sebagai langkah pembenahan SDM pencari kerja dan pekerja pariwisata, karena pemegang sertifikat kompetensi akan mampu bersaing di dunia pariwisata di dalam maupun luar negeri.Pelaksanaan sertifikasi mengacu pada UU No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan bahwa mulai tahun 2014 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewajibkan para pekerja pariwisata untuk mengikuti uji kompetensi dan Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi Usaha di Bidang Pariwisata.

Oleh sebab itu pengusaha pariwisata wajib memperkerjakan tenaga kerja yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi di bidang pariwisata, termasuk tenaga kerja asing.

Sementara Kepala Bidang Sertifikasi Disnakertrans Provinsi Bali, Ngurah Sutapa memberi apresiasi terhadap pelaksanaan Pemkab Gianyar menuju kabupaten sertifikasi untuk pekerja pariwisata. “Disnakertrans Provinsi Bali mendukung langkah positif yang dilakukan Pemkab Gianyar dalam melindungi dan memberdayakan tenaga kerja lokal di sektor pariwisata,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.