ASITA Solo Agendakan 4 Acara di 2014

Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Solo mengusung empat dari 38 acara yang disusun dalam event calendar Kota Solo 2014 pada Asita Travel Fair Central Java 2014 di Hotel Horison Semarang, Jumat-Minggu (7-9/2/2014). Empat acara yang dimaksud adalah Konser Gamelan Akbar 2014 pada Sabtu (15/2/2014), Festival Jenang Solo 2014 pada Minggu-Senin (16-17/2/2014), Bengawan Solo Gethek Festival pada Minggu (9/3/2014), dan Solo Indonesia Culinary Festival 2014 pada Jumat-Minggu (14-16/3/2014). Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asita Solo, Daryono, menuturkan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo untuk ikut memeriahkan acara. Dia mengaku menyiapkan materi promo yang akan diberikan kepada calon pembeli saat Asita Travel Fair Central Java 2014.

“Kami memiliki satu stan di pameran. Kami datang sebagai penjual dan pembeli. Tugas kami mempromosikan acara di Solo. Kami juga mengemban misi mempromosikan Bengawan Solo Travel Mart yang akan diselenggarakan Sabtu-Minggu (26-27/4/2014),” kata Daryono saat ditemui Solopos.com di kantornya di Gedung Grha Soloraya, Rabu (5/2/2014).

Daryono yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan (DPD) Asita Jawa Tengah (Jateng) juga mengungkapkan acara perdana Asita Jateng itu mengundang 50 penjual dari Jateng dan sekitarnya dan 100 pembeli dari dalam negeri dan luar negeri.

Beberapa buyer dimaksud seperti pengelola wisata, hotel, agen perjalanan, maskapai penerbangan, dan lain-lain. Daryono menyebutkan salah satu calon penjual wisata adalah Trans Studio Bandung. Sedangkan calon pembeli datang dari dalam negeri dan luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan lain-lain.

“Tujuan utama menjual dan menawarkan tujuan pariwisata di Jateng dan wilayah lain. Professional conference organizer (PCO) juga diundang. Banyak produk yang bisa dijual dan penjualan tidak didominasi Jateng. Target kami promosi dan transaksi pariwisata di Jateng,” ungkap dia.

General Manager (GM) Regional Horison Group, Bambang Mintosih, mengaku memasang target delapan penandatanganan kontrak dengan agen perjalanan dari luar Jateng, seperti Bali dan Jakarta saat Asita Travel Fair Central Java 2014. “Kami tidak melulu menjual hotel tetapi tujuan wisata di Solo. Ke depan akan digagas korelasi pariwisata dengan kota lain seperti Semarang dengan Solo untuk mengurangi kejenuhan. Target kami mendapat networking terutama travel dari luar Jateng. Ini salah satu konsep memamerkan Solo,” ungkap Benk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.