Ciamis: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Akan Terapkan Ekonomi Berbasis Budaya

Ekonomi kreatif merupakan barang baru di Ciamis sehingga di Ciamis sendiri Ekonomi kreatif berbasis seni budaya. “Dengan basis seni budaya ini bisa merangkul dari berbagai kalangan. Hal ini diungkapkan Kabid Ekonomi Kreatif Parekraf Kabupaten Ciamis, Agus Yani seraya menegaskan penerapan ini atas terbentuknya SOTK baru di Ciamis yang tadinya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dibentuk menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Agus juga menambahkan dalam penerapan ekonomi berbasis budaya ini setiap objek wisata diharapkan bisa menyediakan makanan khas daerah, Cenderamata, termasuk kesenian disetiap daerah di Ciamis, sehingga para wisatawan pun merasa tertarik. .”Ini merupakan potensi yang besar untuk pemasukan daerah dan pengembangan pariwisata, selain itu juga ekonomi masyarakat bisa terangkat dan nantinya kesejahteraan bisa tercapai,”lanjutnya.

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut Agus, komunitas-komunitas pelaku seni dan ekonomi kreatif seperti komunitas seniman, budayawan, komunitas fotograper, Fesyen dan Pengrajin Cenderamata yang berada di kabupaten Ciamis harus dirangkul terlebih dulu agar kerjasama dengan pemerintah daerah bisa terjalin.

Langkah awal dalam penerapan Ekonomi kreatif berbasis seni budaya ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada budayan dan pelaku ekonomi terkait serta akan koordinasi dengan SKPD terkait. (AF)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.