Danau Toba Termasuk Jajaran Unggulan Pariwisata Indonesia

Pelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata -Kawasan Danau Toba dan Pulau Nias Provinsi Sumatera Utara masuk dalam jajaran pariwisata unggulan di Indonesia.”Kementerian Pariwisata menetapkan 88 daerah, Danau Toba dan Nias masuk dalam daftar,” sebut Ketua Forum Lake Toba Regional Management (LTRM) Mangindar Simbolon, Minggu (17/8). Mangindar menyampaikan Danau Toba masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sesuai PP Nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).”Sayangnya dalam 15 tahun terakhir, Danau Toba dikelola oleh orang-orang yang tidak tepat sehingga manajemennya jelek dan berdampak pada menurunnya pariwisata,” papar Mangindar.

Kondisi ini diperparah dengan ketidakpedulian sejumlah kepala daerah untuk bersinergi mengembangkan pariwisata kawasan ini.”Ada 11 kabupaten kota yang masuk dalam keberadaan kawasan Danau Toba, termasuk Pematangsiantar, Tanjungbalai dan Pakpak Bharat,” kata Mangindar.Padahal kata Mangindar, kawasan Danau Toba memiliki potensi energi seperti panas bumi dan pariwisata didukung budaya yang tidak ditemukan di daerah lain.

Terkait potensi ini, Mangindar menyampaikan keoptimisan kawasan ini masih bisa maju dan berkembang dengan menjalin keterpaduan antarlintas daerah seperti sarana transportasi.

“Dan pengelola serta pejabat mau keluar dari tugas rutin sehari-hari untuk memberikan dedikasi pemikiran dan tenaga pada upaya pengembangan ini,” tandas Mangindar. [Ant/L-8]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.