Kembangkan Kampung Wisata Yoboi, Papua, Kang Emil Ajak 5 Pemuda Setempat Belajar ke Jabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak lima pemuda asal Kampung Wisata Yoboi, Sentani, Jayapura, Papua untuk belajar ke Jabar. Mereka akan mendapatkan pelatihan guna untuk mengembangkan wilayah yang menjadi kampung wisata yang ada di daerah mereka.

Dalam pelatihan ini ilmu pengetahuan pangan dan berkelanjutan akan menjadi hal utama yang kami berikan kepada (lima) anak muda, agar waktu mereka pulang bisa membawa kampung itu menjadi naik kelas,” papar gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini saat berkunjung ke Papua, Minggu (3/10/2021).

Pelatihan bagi kelima pemuda Papua tersebut meliputi pembuatan seperti sepatu dari eceng gondok, pengolahan bambu menjadi produk kriya, dan pembelajaran hidroponik di Lembang.

Kemudian kami akan menjadikan mereka (Kampung Wisata Yoboi) salah satu desa binaan melalui orang-orang Papua yang pernah menempuh pendidikan di Bandung. Disini (mereka) dinamakan alumnus Bandung. Orang Papua yang pernah sekolah di Jabar dinamakan alumnus Bandung,” jelas Ridwan Kamil.

Untuk diketahui, orang Papua menuntut ilmu atau belajar ke Jabar bukanlah hal baru. Sebab, sudah banyak orang asli dari Papua yang belajar menuntut ilmu ke Jabar, termasuk Ketua Adat Kampung Wisata Yoboi. Maka dari itu sangat disayangkan sekali kalau ilmu yang mereka dapatkan selama menempuh pendidikan, tidak diterapkan langsung di daerah tempat mereka tinggal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *