Jokowi Instruksikan Pariwisata Harus Jadi Leading Sector

Pelatihan Pariwisata  | Jadwal Pelatihan Pariwisata 2015

jokowi___game_capres_2014_by_davidsetiabudi-d7bpmgvPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh kementerian agar mendukung sektor pariwisata di Indonesia. Sektor ini diharapkan menjadi leading sector guna menambah devisa negara dan ini merupakan hasil kesepakatan bersama saat rapat terbatas (ratas) pada hari ini. “Karena menjadi leading sector dan seluruh kementerian lainnya wajib untuk mendukung (pariwisata) dan itu dipertegas oleh bapak Presiden,” tegas Menteri Pariwisata Arief Yahya di Istana Bogor, Jawa Barat (16/2/2015). Arief pun mengaku senang karena sektor pariwisata mendapat dukungan penuh dari seluruh kementerian sesuai arahan Presiden Jokowi. “Ini info atau kabar gembira. Kan sebelumnya seperti dinomorduakan (pariwisata) sekarang sudah tidak lagi,” imbuh Arief.

Dirinya pun mencontohkan salah satu kementerian yang harus mendukung sektor ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kalau dulu juga tidak terlalu mendukung. Nah sekarang kalau satu daerah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata nasional, contohnya PU harus mendukung walaupun itu bukan jalan nasional,” kata Arief.

Dukungan ini sebut Arief memiliki alasan yang kuat, pasalnya dengan membangun banyak jalan oleh Kementerian PUPR akan menciptakan akses ke tempat wisata.

“Kadang-kadang kan kita masalahnya ada di jalan provinsi atau jalan kabupaten, sehingga nanti kita harapkan destinasi-destinasi pariwisata kita aksesnya akan semakin baik,” imbuhnya.
(wdi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.