Lomba Karya Jurnalistik BPPD, Bangkitkan Optimisme Pariwisata NTB

Lomba Karya Jurnalistik BPPD, Bangkitkan Optimisme Pariwisata NTB


Pelatihan Pariwisata – Anugerah kepada para pemenang Lomba Karya digelar tadi malam di Mataram (30/8). Ada sepuluh pemenang dalam dua kategori dalam Lomba yang digelar Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) ini.

Hadiah dan trofi diserahkan Kepala Dinas Pariwisata NTB HL Mohammad Faozal. Ia mengaku senang dengan adanya event yang dilombakan ini. Menurutnya, tema Strategi Positif Sahabat Jurnalis Dalam Mendukung Bangkitnya Sektor Pariwisata NTB pada Era New Normal ini dapat menjadi strategi ampuh. Menggiring publikasi masif dengan menyasar wisatawan domestik. Sehingga semakin tergerak mengunjungi pariwisata NTB di tengah kondisi new normal.

“Tema ini luar biasa. Mudah-mudahan juga bisa sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa era New Normal bukan berarti sepenuhnya normal tapi kita juga bisa bangkit di tengahnya,” kata Faozal.

Dia berharap jurnalis di NTB juga bisa tetap dan terus menyebarkan optimisme dalam setiap pemberitaannya.

Untuk kategori media koran dan online, wartawan Suara NTB M Azhar menyabet juara I. Wartawan Lombok Post Fatih Kudus Jaelani Juara II, dan Ismail Zakaria dari Kompas menjadi Juara III. Ahmad Bulkaino Suara NTB, Sukriyanto dari media Kanal Aspirasi dan terakhir Riyanto Rabbah Duta Selaparang.com berturut menyabet Juara IV,V, dan VI.

Sedangkan untuk kategori media televisi, Dewi Ayu dari Sasaka TV berhasil mendapatkan Juara I. Wayan Putra Yasa Tv 9 di posisi Juara II dan Herkiandi, inews Mataram sebagai Juara III. Terakhir, Zaenuddin Safari asal Global FM Lombok berhasil menjadi satu-satunya pemenang dari kategori media radio.

Sebagai event yang pertama kali diadakan di NTB, Wakil Ketua BPPD Alfian Yusni berharap kegiatan ini bisa terus memotivasi semangat para jurnalis.

“Jurnalis NTB jumlahnya banyak. Kita harapkan kegiatan serupa bisa terus memancing partisipasi mereka. Karena lomba ini menjadi salah satu upaya membangkitkan mesin pariwisata,” katanya.

BPPD juga kata Alfian sangat serius mengemas lomba ini. Dewan juri lomba adalah Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi, tokoh pariwisata NTB H Misbach Mulyadi dan Dr Ainuddin, General Manager News Room Jawa Pos Grup Bambang Janu, dan Redaktur Pelaksana Suara NTB Desak Raka Akriyani.

Dia mengungkapkan, event ini masih akan terus berlanjut di tahun depan. Dengan sejumlah item kategori yang lebih bervariasi.

“Ini akan menjadi agenda rutin. Tahun depan, lomba serupa akan menambahkan kategori foto, dan video dengan basicnya menggunakan drone. Kita nantikan saja,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu dewan juri Bambang Janu menjelaskan, semua karya peserta sangat bagus.

“Saya menjamin bahwa penilaian penjurian ini benar-benar objektif tanpa memandang latar belakang. Ada parameter yang sudah ditentukan dari masing-masing kategori,” katanya. (eka/r6)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.