Pelatihan Manajemen Seni Pertunjukan dan Pariwisata

Dalam pelatihan pariwisata seperti kita ketahui bahwa Indonesia kaya akan berbagai daya tarik wisata. Disamping mempunyai keindahaan alam yang mempesona, Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya. Hal tersebut disebabkan Indonesia terdapat berbagai suku bangsa yang menjadikan setiap daerah mempunyai ciri khas budaya yang unik. Dari satu daerah saja dapat mempunyai produk budaya yang beragam.

Misalnya masyarakat Toraja, disamping terkenal dengan arsitektur bangunannya yang unik juga mempunyai adat untuk menguburkan jenasah di tebing bukit maupun di goa-goa. Hal yang sama juga dapat dilihat di masyarakat jawa, tradisi Gerebeg, Tari Srimpi, Keraton merupakan produk budaya yang menarik. Produk budaya seperti adat istiadat, kesenian daerah, arsitektur, bahasa, tarian serta produk budaya lainnya sampai saat ini tetap dilestarikan oleh masyarakat.

Seiring dengan otonomi daerah yang memberikan kesempatan yang luas kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan potensi daerahnya masing masing, berimplikasi pada masing-masing daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masing-masing. Salah satunya adalah mengembangkan sektor pariwisata. Dengan keanekaragaman budaya yang dimiliki merupakan daya tarik yang potensial disamping daya tarik wisata alam dan minat khusus.

Maksud:
Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan agar mampu merencanakan seni pertunjukan wisata yang potensial di masing-masing daerah. Diharapkan natinya peserta mampu menyelenggarakan kegiatan budaya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Tujuan
Dari pelatihan  ini peserta diharapkan mampu:

  1. Merencanakan aspek operasional kegiatan budaya
  2. Menggembangkan  kegiatan wisata yang potensial
  3. Mempromosikan kegiatan budaya secara optimal
  4. Merencanakan kegiatan seni pertunjukan wisata secara tepat

Durasi:
3 Hari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.