Pelatihan Teknik Pembinaan Kelompok Sadar Wisata, Yogyakarta 25-26 Oktober 2013

Kelompok Sadar Wisata atau  disingkat Pokdarwis  merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan mensukseskan pembangunan pariwisata nasional. Dengan demikian kelompok sadar wisata merupakan kelompok yandiminta-sadar-wisata-070812-novg tumbuh atas inisiatif dan kemauan serta kesadaran masyarakat sendiri guna ikut berpartisipasi aktif memelihara dan melestarikan berbagai obyek dan daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan di daerah.

 Pembangunan kepariwisataan diarahkan kepada peningkatan pariwisata menjadi sektor andalan yanag mampu menggalang kegiatan ekonomi, termasuk kegiatan sektor lain yang terkait  sehingga lapangan kerja, pendapatan masyarakat, pendapatan daerah dan negara serta penerimaan devisa meningkat . Pembangunan kepariwisataan merupakan kegiatan lintas sektoral, karena itu suksesnya pembangunan kepariwisataan nasional dan daerah sangat ditentukan oleh adanya dukungan  serta  partisipasi aktif sseluruh lapisan  masyarakat, baik unsur pemerintah, pihak swasta  maupun masyarakat lainnya.

 Oleh karena itu, telah disusun pelatihan Teknik Pembinaan Pokdarwis yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membina kelompok sadar wisata selama 2 hari pada . Adapun ruang lingkup materi meliputi: Pengetahuan Undang-Kepariwisataan No 10 tahun 2009; Pengembangan Kelembagaan dan Kegiatan POKDARWIS; Teknik Komunikasi dan Sosialisasi; Mengelola Konflik dan Keluhan Anggota Kelompok; Mengakomodasi Usul dan Saran anggota dan Penerapan Sapta Pesona Pariwisata.

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.