Pembukaan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Sekitar Zona Otorita Badan Pelaksana Otorita Borobudur Tahun 2022 Desa Sedayu dan Desa Benowo Kabupaten Purworejo

pelatihanpariwisata-Senin, 23 Mei 2022, Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Sekitar Zona Otorita Badan Pelaksana Otorita Borobudur Tahun 2022 Desa Sedayu dan Desa Benowo Kabupaten Purworejo resmi dibuka. Pelatihan ini merupakan kerjasama Jogja Tourism Training Center (JTTC) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) dan Badan Pelaksana Otorita Borobudur.

Dalam pembukaan ini, diberikan sambutan. Sambutan pertama dari Kepala Desa Ngargoretno, Dodik Suseno, S.I.P. Sambutan berikutnya oleh M. Nugroho Susanto selaku Manajer Operasional, HRD, dan Keuangan JTTC. Ditutup Y. Sigit Widiyanto, Direktur Fungsional Adyatama Badan Pelaksana Otorita Borobudur dalam memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan.

Acara pembukaan ini juga diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk nasionalisme dan cinta tanah air. Pun dilangsungkan doa bersama supaya kegiatan pelatihan ini bisa berlangsung dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

Dalam desa wisata, masyarakat merupakan bagian atau komponen dari penyelenggaraan kegiatan pariwisata. Keterlibatan masyarakat, baik sebagai obyek daya tarik wisata maupaun sebagai pelaku usaha kepariwisataan, seperti pengusaha penginapan, rumah makan, pemandu wisata, pertunjukan seni, dan sebagainya, sangat penting. Masyarakat merupakan host (tuan rumah) bagi tamu atau wisatawan yang berkunjung ke daerahnya.

Sehingga pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola desa wisata dan daya tarik wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam melakukakan pengelolaan dan memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.