Potensi Indonesia untuk Jadi Taman Wisata Dunia

trenggalekpelatihan pariwisata – Indonesia punya banyak potensi dalam bidang pariwisata. Bukan tidak mungkin kalau Indonesia bisa jadi taman wisata dunia. Hal itu pun diungkapkan oleh CEO Yayasan Taman Wisata Dunia atau World Tourism Park Foundation, Daniel Kumendong di Meeting Room Pisa Cafe, Jumat (25/8/2017). Menurut Daniel, setiap daerah di Indonesia punya 10 potensi wisata unggulan yang membuatnya layak jadi taman wisata dunia.”Di indonesia ada 10 potensi wisata dunia, alam, udara, bahari, sejarah, budaya, kuliner, agro, fashion, belanja dan MICE,” ujar Daniel.Untuk urusan 10 potensi wisata dunia, semuanya pun dapat ditemukan pada 34 provinsi di Indonesia. Sebagai yayasan yang fokus untuk menanamkan mindset Indonesia sebagai taman wisata dunia, Daniel pun punya tiga cara untuk mendorong masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia untuk mencapai satu visi tersebut.

“Ketiga program tersebut yaitu program voting, program kemitraan dan program kampanye,” tambah Daniel.

Berdiri sejak tahun 2011 lalu, Yayasan Taman Wisata Dunia juga berencana untuk mempertemukan Pemerintah pusat, daerah dan stakeholder terkait dalam acara World Tourism Park Forum yang akan diadakan pada bulan November 2017 mendatang. Sesi forum tersebut akan jadi wadah tukar pikiran antar Pemerintah dan stakeholder terkait tentang potensi Indonesia sebagai Taman Wisata Dunia.

“WTPForum untuk menyatukan seluruh Indonesia, maka kita selenggatakan WTPForum setahun sekali, melibatkan Gubernur, Stakeholder tentang visi taman dunia. Kita akan mensosialisasikan Indonesia sebagai kawasan wisata dunia. Jadi seluruh daerah merasa memiliki, mengangkat potensi masing-masing untuk menggerakkan potensi wisata daerah,” pungkas Daniel.

Punya potensi yang luar biasa, Indonesia juga memiliki kekurangan sebagai taman wisata dunia. Ditambahkan oleh Daniel, kemasan menjadi kekurangan utama Indonesia untuk jadi taman wisata dunia. Oleh sebab itu,

“Potensi Indonesia besar sekali, tapi kelemahan kita kemasan akan taman wisata dunia. Di sinilah fungsi daripada yayasan, membangun kemasan tapi juga bagaimana meyiapkan sistem agar masyarakat di daerah bisa bergerak ke satu arah, membangun paradigma baru Indonedia sebagai taman dunia,” pungkas Daniel.

Dalam rangka mensosialisasikan Indonesia sebagai taman wisata dunia, Yayasan Taman Wisata Dunia juga menunjuk 10 tokoh Indonesia yang merepresentasikan 10 potensi wisata unggulang di Indonesia. Dari 10 tokoh, tiga sudah dipilih. Antara lain Desainer Lenny Agustin sebagai Duta Wisata Fashion, penerjun Naila Novaranti sebagai Duta Wisata Udara, dan artis serta aktivis Nadine Chandrawinata sebagai Duta Wisata Bahari. Masing-masing dipilih berdasarkan kapasitasnya di bidang tersebut. (bnl/bnl)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.