Vietnam dan Thailand Saingan Terbesar Indonesia di Sektor Pariwisata

Diklat Pelatihan Pariwisata-Perkembangan pariwisata di Indonesia menunjukan perkembangan yang meningkat. Namun begitu, bukan berarti Indonesia tidak memiliki saingan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan, di sejumlah negara Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand merupakan pesaing besar Indonesia.  “Saingan utama kita adalah Thailand. Vietnam juga telah menunjukkan perkembangan yang cukup cepat. Singapura dan Malaysia bukan lagi ancaman,” kata Mari Elka Pangestu saat menjadi keynote speaker dalam seminar Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) bertajuk ‘Geo Politik Pariwisata Indonesia 2014 dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015’, Rabu (26/2) siang, di Jakarta.

Hal ini patut diantisipasi karena dipastikan dua negara tersebut menjadikan pariwisata sebagai sektor utama dalam pembangunan nasional.

Tercatat, tahun 2013 sumbangan sektor pariwisata terhadap ekonomi negara-negara ASEAN secara langsung msaupun tidak langsung sekitar 8-9 persen dari PDB serta menciptakan 1 dari 11 pekerjaan. Sementara kontribusi pariwisata ASEAN terhadap pariwisata global sebesar 7,5 persen atau mencapai 90,2 juta wisatawan dengan komposisi 46 persen adalah intra-ASEAN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.