Wisata Olahraga, Rekreasi, dan Kuliner Jadi Program Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfokuskan wisata minat khusus untuk pengembangan pariwisata di tahun 2014. Atraksi wisata digabungkan dengan olahraga, rekreasi juga kuliner. “Prioritas minat khusus kita fokus ke kuliner, olahraga, rekreasi, termasuk cruise dan juga golf, yacht, diving dan maraton,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers akhir tahun 2013 di Gedung Sapta Pesona, Selasa (24/12/2013).

Mari mengatakan, dirinya optimistis dengan peningkatan kunjungan wisatawan di 2014. Satu di antaranya dengan pertambahan penerbangan langsung ke berbagai daerah di Indonesia. “Pada 2014 saya optimistis karena peningkatan direct flight dan tentunya di beberapa tempat peningkatan infrastruktur baik airport maupun hotel juga ada kebaikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mari mengatakan, Kemenparekraf akan terus melakukan advokasi infrastuktur di 16 destinasi wisata yang menjadi prioritas pengembangan nasional. Selain itu, pengadaan festival di berbagai daerah juga menjadi satu cara untuk menjaring wisatawan.

“Melakukan advokasi infrastruktur di 16 destinasi itu ada airport, pelabuhan, hotel. Misal Labuan Bajo sudah ada airport dan hotel di sana. Di tempat lain seperti Danau Toba kita adakan festival-festival,” kata Mari.

Dengan semakin berkembang wisata minat khusus, Mari berharap ekonomi kreatif masyarakat juga semakin maju. “Pariwisata erat kaitannya dengan ekonomi kreatif. Maka tak salah jika kita tingkatkan minat khusus,” kata Mari.

Sumbangan paling besar ekonomi kreatif pada pariwisata adalah kuliner, kerajinan, juga fashion. “Jika pariwisata berkembang, ekonomi kreatif juga berkembang,” tambah Mari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.