Kota Tomohon Siap Menyambut Wisatawan

Berbagai obyek wisata di Tomohon, Sulawesi Utara itu tahun ini lebih siap untuk didatangi wisatawan. Hal ini dinyatakan oleh Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman saat konferensi pers Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (17/7/2014). “Infrastruktur untuk obyek wisata di Tomohon sudah mulai baik. Untuk Gunung Mahawu misalnya, sebentar lagi wisatawan bisa mengitari kawahnya,” ujar Eman kepada Kompas Travel. Disebutkan pula, prediksi untuk wisatawan yang datang ke Tomohon tahun ini akan meningkat seiring akan digelarnya TIFF.”Tomohon merupakan kota yang memang berpotensi menarik banyak wisatawan karena pada dasarnya ada banyak sekali obyek wisata di sana,” ujar Dirjen Pemasaran Kemenparekraf Esti Reko Astuti. Menurut Esti, selain wisatawan mancanegara, Tomohon juga diminati menjadi destinasi wisata para wisatawan nusantara.

Untuk itu lah Pemkot Tomohon, menurut Eman, mulai memperhatikan beberapa hal yang dinilai dapat menjadi kendala saat wisatawan mengunjungi obyek wisata, seperti infrastruktur dan akses kendaraan menuju lokasi wisata.”Saat ini untuk akses kendaraan menuju obyek-obyek wisata di Tomohon bisa menggunakan mobil sedan,” katanya. Untuk kendaraan umum, ada omprengan yang beroperasi di sana.

Sedangkan untuk penginapan, Tomohon memang masih memiliki keterbatasan. “Belum ada hotel berbintang, tapi sudah ada penginapan-penginapan dan cottage. Cottage di sana dapat disetarakan dengan hotel berbintang,” sanggah Eman.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar mengatakan, semoga ke depan infrastruktur di Tomohon bisa berkembang. “Karena sebagai salah satu daerah tujuan MICE, kebutuhan untuk fasilitas penginapan memang dirasa perlu,” kata Sapta.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.