Kunjungan Turis Tiongkok ke Jakarta Terus Meningkat

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, jumlah wisatawan manca negara asal Tiongkok yang datang ke Jakarta, meningkat pesat. Bahkan, kata dia, dari 8,8 juta wisman yang datang pada tahun lalu, 10 persennya merupakan para wisman asal Negeri Tirai Bambu. Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 20-21 Agustus yang lalu menggelar ajang Jakarta Roadshow 2014, di Xiamen, Provinsi Fujian.  Menurut Arie, perhelatan tersebut merupakan bagian dari program promosi Enjoy Jakarta sekaligus juga untuk menginformasikan bahwa kondisi Kota Jakarta tetap aman untuk para wisman.  

“Dengan potensi yang dimiliki Jakarta, serta dukungan infrastruktur transportasi yang tersedia, kami optimistis jumlah kunjungan wisman Tiongkok ke Jakarta akan semakin besar. Karena itu melalui Jakarta Roadshow 2014, kami ingin menunjukkan bahwa Jakarta selalu siap menerima kedatangan para wisman, tidak terkecuali dari Tiongkok,” kata Arie melalui keterangan tertulis, Minggu (24/8/2014).

Arie menjelaskan, kota-kota besar di Tiongkok adalah pasar potensial bagi pariwisata Jakarta, tak terkecuali Xianmen yang saat ini telah memiliki rute penerbangan langsung Xianmen-Jakarta dengan menggunakan maskapai Xianmen Air.

“Xiamen Air telah membuka rute penerbangan langsung Xiamen-Jakarta pulang pergi. Dengan berbagai fasilitas berstandar internasional, Jakarta siap menerima dan melayani para pendatang dari Tiongkok, baik untuk kunjungan wisata ataupun bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan apabila melihat frekuensi penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Tiongkok ke Jakarta pada setiap pekannya, ia yakin upaya untuk mendatangkan lebih banyak kunjungan pendatang dari Tiongkok ke Jakarta akan berhasil.

“Saat ini, frekuensi penerbangan langsung ke Jakarta setiap minggunya dari Beijing, Guangzhou, Hong Kong, Shanghai dan Xiamen, telah mencapai 90 penerbangan dengan total penumpang hampir 15.000 orang,” kata Cucu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.