Polda Bikin Robot Lalu Lintas dan Pariwisata

Pelatihan Pariwisata | Diklat Pariwisata-Polda Metro Jaya kembangkan robot keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Robot yang dikembangkan oleh ahli robot di Polda ini, di antaranya adalah robot pariwisata dan robot lalu lintas. “Dengan robot-robot ini kita berikan masyarakat pengetahuan tentang kamtibmas. Seperti cara berlalu lintas yang baik dan benar serta petunjuk-petunjuk tempat wisata,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Priyatna di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Cahyo mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mendesain robot pariwisata. “Saat ini baru prototype, masih kita kembangkan kembali,” katanya.

Robot pariwisata ini akan berisikan informasi terkait lokasi-lokasi pariwisata, kantor polisi hingga angkutan dan rute-rutenya. Dia berharap, dua bulan kedepan robot itu sudah bisa diperkenalkan.

Robot itu, tambahnya, akan ditempatkan di sejumlah lokasi strategis, seperti bandara. “Jadi tidak ada tempat wisata dan lokasi lainnya yang tidak terdata,” pungkasnya.

Selain itu, kata Adi, robot tersebut juga akan menggunakan tiga bahasa seperti bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin. Ketiga bahasa itu dinilai penting untuk berkomunikasi di bangsa ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.